- Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek) Perencanaaan
- Sosialisasi Penyusunan Ranwal Renja PD Tahun 2026
- Diseminasi Inovasi Pemenang PPD Kabupaten/ Kota tahun 2024
- Koordinasi Penyempurnaan Rancangan Teknokratik RPJMD Kabupaten Purworejo Tahun 2025-2029
- Pembahasan Laporan Akhir FS Pasar Darurat Kutoarjo
- Lomba Senam Sehat dalam Rangka Peringatan HUT ke-25 Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Purworejo
- Upacara Hari Bela Negara ke-76
- Penilaian Studio Perencanaan UGM Hasilkan Inovasi untuk Pembangunan Purworejo
- SINKRONISASI DOKUMEN POKOK PIKIRAN KEBUDAYAAN DAERAH DALAM DOKUMEN PERENCANAAN DAERAH 2025-2029
- Pemantauan dan Evaluasi Pelaksanaan PPKD Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2023 serta Sinergi Capaian Kinerja Urusan Kebudayaan
Bappeda Purworejo Ikuti Pelatihan Inputing Sistem Informasi Komisi Irigasi (KOMIR)
Berita Terkait
Berita Populer
- SURPRISE
- Kemendagri Selenggarakan Sosialisasi Permendagri Nomor 70 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah
- SOSIALISASI DAK NON FISIK TAHUN ANGGARAN 2021 BIDANG KESEHATAN
- Purworejo Ditunjuk Sebagai Salah Satu Percontohan Mapping Permendagri 90 Tahun 2019
- Bappedalitbang mengikuti Bimbingan Teknis Pemanfaatan Data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE)
- Sosialisasi Fraud Risk Assessment (FRA)
- Muatan Teknis Substansi Lembaga tentang Perencanaan Menjadi Bekal Bagi Peserta Pelatihan Dasar CPNS Kabupaten Purworejo
- LOWONGAN TENAGA PENDAMPING MASYARAKAT (TPM) DAN KOORDINATOR TENAGA PENDAMPING MASYARAKAT (KTPM) PROGRAM STRATEGIS IRRIGATION MODERNIZATION AND URGENT REHABILITATION PROJECT (SIMURP) PADA WILAYAH KERJA
- Pembahasan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri 130/736/SJ tentang Percepatan Implementasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah oleh Tim Penyusun RKPD Tahun 2021
- Sosialisasi Arah Kebijakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Tahun 2024
Pada hari Jum'at, tanggal 22 Januari 2021, Bappeda Kabupaten purworejo mengikuti pelatihan pengisian Sistem Informasi Komisi Irigasi (KOMIR) melalui aplikasi zoom meeting. Acara yang diselenggarakan oleh Institutional Strengthening Agriculture of Irrigation (ISAI) Regional IV Jateng ini diikuti oleh perwakilan dari Bappeda, Dinas PUPR dan Dinas Pertanian dari Kabupaten yang menerima Program IPDMIP di Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Purworejo, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Pati.
Tujuan SI Komisi Irigasi adalah mempermudah dalam hal pengelolaan data dan informasi capaian kinerja Komisi Irigasi agar menjadi lebih sistematis, sehingga mudah dimanfaatkan untuk kepentingan pengembangan kebijakan dan pembinaan terhadap daerah. Tujuan lain adanya SI KOMIR tersebut adalah memberikan kemudahan dalam rangka pelaporan kegiatan Komisi Irigasi; mempermudah proses penilaian kinerja dan penelusuran dokumen laporan data kegiatan dan rekomendasi Komisi Irigasi, mempermudah dalam perolehan data dan informasi kelembagaan Komisi Irigasi, dan mempermudah dalam pelaksanaan, pembinaan, pengawasan dan evaluasi Komisi Irigasi.
SI KOMIR terdiri dari 2 bagian utama yaitu website landing page yang berisi informasi terkait Komisi Irigasi yang yang dapat dikelola kontennya dan website admin untuk mengelola kinerja daerah Provinsi maupun Kabupaten/Kota. Di masing-masing Kabupaten terdapat admin SI KOMIR Kabupaten/kota. Admin ini merupakan operator yang ditunjuk oleh Komisi Irigasi Daerah Kabupaten/Kota dalam hal ini pengguna merupakan Sekretariat KOMIR Kabupaten/Kota. Untuk dapat mengakses sistem setiap admin Kabupaten/Kota diberikan akun oleh pihak Admin Pusat dalam hal ini dikoordinir oleh Ditjen Bina Pembangunan Daerah. Untuk bisa login pada Sistem Informasi Kinerja KOMIR daerah Kabupaten/Kota dapat mengakses link https://komir.bangda.kemendagri.go.id/komir/public/login atau melalui tombol klik Login pada website landing page https://komir.bangda.kemendagri.go.id/.
Beberapa menu dalam SI KOMIR diantaranya Beranda, periode Evaluasi Kinerja, daftar Anggota, rencana Kerja 5 Tahun, sasaran Komir, kegiatan Bulanan, realisasi Komir, form Penilaian Kerja dan cetak Formulir Penilaian. Data yang harus tersedia untuk input dalam SI KOMIR yaitu SK Bupati tentang Pembentukan Komir; Struktur Organisasi Komir; SK Sekretariat Komir; Struktur Organisasi Sekretariat Komir; Rencana Kerja Komir 5 Tahunan dan Tahunan; dan Laporan Pelaksanaan Kegiatan Sidang Komisi Irigasi (termasuk absensi dan foto2). Semua dokumen tersebut harus dalam format pdf sebelum dinpit dalam SI KOMIR. Sampai dengan 22 Januari 2021, masih ada data dalam SI KOMIR yang belum terisi oleh sekretariat KOMIR Kabupaten Purworejo diantaranya penetapan rencana kerja tahunan, sasaran KOMIR, kegiatan bulanan, dan realisasi KOMIR. Diharapkan pada tanggal 28 Januari 2021, semua data sudah terinput dalam SI KOMIR, karena evaluasi KOMIR dari Ditjen Bangda Kemendagri dilakukan melalui SI KOMIR. (/fse)